Tuesday, January 20, 2009

Sekolah Bisnis Online

Sekolah Bisnis Online

Bisnis Online atau Bisnis Internet seperti dua sisi mata uang. Kedua sisi ini tidak bisa dipisahkan. Bisnis Online bisa sebangun maknanya dengan Bisnis di Internet karena model bisnis ini menggunakan fasilitas internet sebagai media pemasaran produk dan jasanya. Jadi, dalam Bisnis Online, internet hanyalah media pelayanan pemasarannya sehingga kemudian dikenal istilah Internet Marketing.

Sejauh yang Saya pahami, baru memahami, karena belum jadi pelaku, Bisnis Online dalam siklus Internet Marketing sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Bisnis yang dijalankan secara offline. Ada penjual ada pembeli, ada produk yang dijual dan ada alat pembayarannya. Namun perbedaan yang tipis tersebut justeru menjadi ciri khas dari Bisnis Online.

Misal saja, dalam Bisnis Online, cara pemasarannya bisa melalui e-mail, milis, iklan, blog dan website yang semuanya berbasis internet. Blog semakin hari semakin berpeluang menjadi media pendulang uang yang sering disebut dengan istilah make money blogging. Ibarat sebuah warung atau toko, Website atau Blog misalnya, bisa dijadikan, Blogshop, toko online, warung digital atau nama sejenisnya.

Dalam Bisnis Online, produk yang dipasarkan bisa berupa produk fisik maupun produk digital. Produk fisik dalam hal ini memerlukan pengiriman produk melalui jasa post, sedangkan produk digital seperti ebook, software, fasilitas internet lainnya menggunakan akses koneksi internet.

Konon di luar negeri, Bisnis Online tumbuh semakin pesat. Ini karena model Bisnis Online muncul dan berkembang untuk pertama kalinya di luar negeri, baru beberapa tahun berkembang di Indonesia. Konon, (lagi) di sana sudah banyak orang yang mengandalkan penghasilannya dari Bisnis Online. Dari berdagang kecil-kecilan, menjual jasa dan ketrampilan sampai menjadi pengusaha besar yang sukses dengan menjadi Internet Marketer.

Dalam prakteknya, Bisnis Online bisa dilakukan di mana saja asal terkoneksi dengan jaingan internet. Kelihatannya mudah? Ya bagi yang sudah expert, bagi pemula tentu sangat sulit sehingga masih perlu belajar. Karena koneksi internet berlangsung nonstop 24 jam, maka ruang dan waktu untuk menjalankan Bisnis Online tidak terbatas sehingga transaksi bisa dilakukan kapan saja.

Ungkapan tersebut bisa jadi benar. Karena koneksi internet sebagai media pelayanan Bisnis Online memungkinkan hampir semua proses dalam Bisnis Online ini diotomatisasi selama 24 jam non stop. Antara Bisnis Online, Internet Marketing dan Make Money Blogging, ketiganya saling bertautan sehingga tidak bisa dipisahkan.

Mudah-mudahan posting ini bisa menjadi PINTU MASUK bagi saya untuk memulai memposting artikel tentang bisnis online pada kesempatan mendatang, dan yang jelas, saya sambil terus belajar; termasuk belajar kepada Sahabat Blogger semuanya. Karena saya meyakini bahwa bagaimanapun juga, praktek Bisnis Online menjadi nonsens jika tidak mau Belajar Bisnis Online itu sendiri.

Sekolah Bisnis Online
Sumber: kangnawar.com

1 comment:

4mula1 said...

thanks for your article. your article is the best. i'm like it

Kata-kata Hikmah..! Jelang Pemilu, Jangan Golput ! Di Pemilu 2009